Beranda » Sumatera » Aceh » 11 Makanan Khas Aceh Yang Terkenal di Seluruh Indonesia

11 Makanan Khas Aceh Yang Terkenal di Seluruh Indonesia

T Diposting oleh pada 4 September 2018
F Kategori ,
b 3 komentar
@ Dilihat 18 kali

Tempatmakanromantis.com – Makanan Khas Aceh. Halo? Apa yang kamu ketahui tentang kuliner Aceh? Pasti yang pertama mie aceh. Yak, memang ini menu sudah dikenal di saentaro negeri Indonesia Raya.

Tapi tak hanya itu saja loh? Untuk itu, Tempat Makan Romantis kali ini mau ngajak kalian berkelana dalam tulisan untuk mengenal apa saja sih makanan khas Aceh yang juga dikenal di seluruh Indonesia.

Apalagi, seperti yang kita ketahui, Aceh atau Nanggroe Aceh Darussalam, berasal dari Sumatera. Dan tiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa makanan yang berbeda-beda, termasuk di Sumatera.

Sumatera terkenal dengan rempah-rempahnya dan makannya asin dan pedas. Maka, di Sumatera itu ada banyak tempat makan. Misal seperti tempat makan di Palembang dan tempat makan di Lampung.

Tak hanya itu saja, masih ada banyak yang bisa kita nikmati, makanan khas Sumatera. Nah, salah satunya di Aceh ini. Dan menikmati makanan Aceh dan minuman kopi khas Aceh ternyata sudah bisa dinikmati di mana saja.

Nah, panganan ini nih yang terkenal dari Aceh dan dikenal di seluruh Indonesia.

Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh siapa yang tak kenal? Meski berada di wilayah paling Barat di Indonesia, makanan-makana Aceh dapat diterima di seluruh saentaro negeri ini/

Terlebih memang, Aceh dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Maka, Aceh meski berada paling barat Indonesia, tetapi memiliki tempat perdagangan yang strategis.

Aceh juga dikenal sebagai penghasil rempah terbesar di Indonesia. Inilah yang juga menjadi alasan, kenapa makanan khas Aceh dapat diterima di Indonesia.

Tentunya, tak luput dari bahan rempah-rempah yang menjadikan makanan khas Aceh menjadi lebih berasa dan lebih nikmat. Terlebih, paduan rempah, asin dan pedas yang nyampur jadi satu akan menggoyang lidah penikmat makanannya.

Dan berikut ini 10 jenis makanan khas Aceh yang digemari se saentaro negeri Indonesia Raya:

1. Mi Aceh

Pertama, Mi Aceh. Mi atau Mie Aceh ini siapa yang tak mengenalnya? Makanan paling populer di Aceh, baik di Aceh maupun di seluruh penjuru Indonesia.

Admin Tempat Makan Romantis saja merasa, bahwa di setiap daerah, Mie Aceh dapat ditemui. Karena memang sangat populer dan disukai.

Mi Aceh disajikan dengan berbagai menus, ada menu Mie Aceh goreng, Mi Aceh Rebus, hingga Mie Aceh Tumis. Mi Aceh ini tak sekedar mie, tapi ada campurannya juga.

Biasanya Mi Aceh sebagai makanan khas Aceh disajikan dengan berbagai macam seafood dan daging, seperti, kepiting, udang, daging ayam suwir, telur, dan sajian tambahan lainnya.

Rasa Mi Aceh ini kaya akan rempah. Bahkan, tingkat kepedasannya bisa di atur dan dipesan. Karena memang mie ini dikenal dengan mi yang begitu kental rempah-rempah.

Harga Mie Aceh sendiri ditaksir dari harga Rp15 ribu sampai Rp45 ribu, tergantu sajian dan menu tambahan sebagai pelengkapnya.

2. Kari Kambing

Ada lagi nih yang juga nggak pakal populer dari Mi Aceh. Namanya Kari Kambing, atau sebutan makanan khas Aceh, Sie Kameng.

Sie Kameng ini memiliki rasa rempah-rempah yang khas dengan kuah kari yang kental. Tak sampai di sini saja, bahkan, daging kambing yang dimasak pun sangat empuk.

Kari Kambing selalu menjadi makanan wajib yang dihidangkan saat acara hajatan. Makanan khas Aceh dan keunikannya adalah yang memasak.

Karena Sie Kameng atau Kari Kambing ini yang masak adalah sekumpulan laki-laki dengan kuali yang super besar. Masaknya pun dengan menggunakan kayu bakar. Jadi ini adalah salah satu menu makanan Aceh yang khas dan unik.

3. Timphan

Ketiga adalah sejenis kue. Namanya Timphan. Timphan merupakan kue khas Aceh. Kue ini dihidangkan di hari raya besar umat islam dan haris besar lainnya. Kue ini digmari banyak orang, karena paduan rasa yang ciamik lezatnya.

Bahan dasar Kue Timphan adalah tepung ketandan dan ada isinya kelapa bahkan srikaya. Kue ini biasanya dibuat sehari atau dua hari sebelum lebaran.

Sementara untuk ketahanan kue khas Aceh ini tidaklah lama, kurang lebihnya hanya mampu bertahan selama satu minggu. Makanya, di Aceh masyarakat akan buat kue ini secukupnya, namun cukup diminati dan cepat habis, karena lezat.

4. Kopi Gayo

Nih yang ke empat, salah satu minuman khas Aceh, tapi dalam bentuk kopi. Dan ini sudah dikenal di mana-mana, bahkan mendunia. Kopi Gayo, namanya.

Dalam bahasa Inggris disebut dengan Gayo coffee. Kopi ini merupakan varietas kopi arabika, dan menjadi salah satu kopi unggulan di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Sangkin memiliki cita rasa yang digemari, dan disukai banyak orang, serta diakuyi keberadaanya di tataran lokal, nasional, hingga mancanegara, Kopi gayo telah mendapat Fair Trade Certified™.

Penghargaan ini diperoleh dari Organisasi Internasional Fair Trade. Tepatnya tanggal 27 Mei 2010 lalu. Nah, jadi kopi gayo ini telah menerima sertifikat Indikasi Geografis.

Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia. Tak hanya satu penghargaan tersebuyt saja, di event lelang special kopi Indonesia pada tanggal 10 Oktober 2010 di Bali, kopi ini juga peroleh peringkat tertinggi.

Saat itu, adalah cupping score. Jadi, kopi gayo ini juga mendapatkan sertifikasi dan prestasi sebagai kopi organik terbaik dunia. Gimana nggak keren coba?

5. Eungkot Keumamah

Baiklah, sekarang masuk ke makanan khas Aceh yang kelima, yakni, Eungkot Keumamah. Makanan ini sangat lezat, enak, gurih, dan penuh cita rasa yang selalu dirindukan.

Sebagai makanan khas yang berasal dari Aceh, Eunkot Keumamah ini berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan ikan tongkol. Ikan tongkol ini direbus dan dikeringkan yang kemudian di suwir-suwir.

Makanan ini juga makanan yang dimasak dengan santan kelapa, cabai hijau, dan bahan rempah lainnya. Paduan rempah tersebut ternyata sudah berlangsung sejak perang Aceh saat melawan Belanda.

Jadi lama ya? Sejarah makanan khas Aceh yang satu ini kerap menjadi bekal perang, untuk bersembunyi karena awet tanpa perlu dipanaskan.

6. Pliek U

Makanan has Aceh ke enam ini adalah Pliek U. Makanan yang disajikan dari berbagai jenis sayuran. Pliek U ini dimasak dengan santan dan rempah-rempah yang begitu kuat.

Pliek U, adalah makanan khas Aceh dan keunikannya terdapat pada pemaknaan nama makanannya, yakni, melambangkan kekerabatan dan keanekaragaman di dalam masyarakat Aceh itu sendiri. Pliek U adalah makanan yang sangat mudah ditemui di Aceh.

7. Sate Matang

Sate matang, nih refrensi ketujuh makanan di Aceh yang sangat khas. Karena disetiap sudut Aceh pasti ada gerobak sate. Sate Matang ini juga dikenal di seluruh daerah Indonesia.

Jadi, kalau ke Aceh, apalagi kalau ke daerah Matang, Kabupaten Bireuen Aceh, pasti diburu ini makanan. Kelezatan sate ini lebih lengkap, karena daging sapi yang digunakan juga bisa dimakan dengan kuah soto yang isinya lemak sapi dan kuah kacang.

8. Asam Keueng

Ada lagi nih, makanan terkenal dari Aceh. Asam Keueng, masakan yang terkenal di Aceh hingga ke seluruh Indonesia. Makanan yang memiliki arti asam pedas.

9. Pisang Sale

Kesembilan ada nih, Pisang sale. Pisang Sale merupakan salah satu menu makanan ringan khas masyarakat Aceh yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Pisang yang berwarna coklat ini menjadi ciri khas makanan ringan khas Aceh. Pisangnya dioleskan gula tebu dan diasapkan. Semakin disukai dan dikenal diseluruh Indonesia karena aromanya manis.

10. Ayam Tangkap

Nih adalagi makanan khas Aceh dan keunikannya. Namanya, ayam tangkap. Pasti awalnya mikir, apakah ini ayam yang ditangkap gitu.

Nah, ayam tangkap ini sebenarnya makanan berupa ayam yang digoreng. Ayamnya digoreng dengan cabe hijau dan daun temuru atau dikenal juga dengan sebutan salam koja atau daun kari.

Namun memang ayamnya ayam goreng biasa. Tapi ayamnya ada sensai aroma rempah-rempah. Jadi ayam ini menjadi khas yang nikmat.

11. Sambal Ganja (Asam Udeung)

Wow, sambal ganja. Ngeri ya namanya. Ini yang bisa terakhir saya rekomendasiin sebagai makanan khas Aceh yang terkenal. Siapa sih yang tak kaget dengar nama ini, sambal ganja. Eit, tapi ini bukan ganja yang diharamkan itu ya.

Jadi, ini memang nama yang cukup kontroversi sebagai menu makanan khas di Aceh. Meski bernama sambal ganja, sambalnya tidak terbuat dari ganja ya.

Hanya saja memang diberi nama sambal ganja karena sambalnya membuat ketagihan siapa saja yang mencoba. Nama aslinya Asam Udeung. Sambal yang berbahan dasar udang dengan cita rasa asam.

Nah itu sih yang bisa admin Tempat Makan Romantis sampaikan dari makanan khas Aceh, minuman khas aceh, cemilan khas aceh, kue kering khas aceh, masakan khas aceh utara, makanan khas aceh singkil, sejarah makanan khas aceh, makanan khas aceh dan keunikannya, makanan khas aceh pidie.

Terimakasih semoga bermanfaat, jangan lupa ikuti dan baca artikel lainnya.

3 Komentar untuk 11 Makanan Khas Aceh Yang Terkenal di Seluruh Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 11 Makanan Khas Aceh Yang Terkenal di Seluruh Indonesia

tempat makan bakso di lampung

Tempat Makan Bakso di Lampung, Enak, Murah, dan Banyak

T 22 Juni 2018 F , A tempatmakan

Tempat makan romantis kali ini akan berbagi informasi tentang tempat makan bakso di Lampung. Karena harus diakui memang, menurut admin, bakso enak salah satunya ada di Provinsi Lampung. Sebab, di beberapa daerah di Provinsi Lampung, baksonya memang diakui enak, murah,... Selengkapnya

Aura Book & Coffee

Aura Book & Coffee, Cafe Unik di Bandar Lampung Harga Mahasiswa

T 5 November 2018 F , A tempatmakan

Tempatmakanromantis.com – Aura Book & Coffee adalah salah satu tempat nongkrong murah di Bandar Lampung yang kekinian dan harga mahasiswa di Ibu Kota Provinsi Lampung. Jadi nongkrong di tempat ini tak takut buat kantong bolong. Dan menu makanannya enak-enak. Dari... Selengkapnya

tempat makan kekinian di Palembang

Tempat Makan Kekinian di Palembang Yang Romantis

T 25 Agustus 2018 F , A tempatmakan

Tempatmakanromantis.com – Tempat Makan Kekinian di Palembang. Apakah kamu sedang mencari tempat makan di Palembang? Tempat yang romantis, tempat nongkrong murah, sampai berbentuk cafe, dan tempat makan keluarga? Nah tak salah lagi nih, berikut ini adalah informasi lengkap tentang daftar tempat makan kekinian... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Jika anda tertarik untuk mendapatkan review untuk rumah makan, atau cafe, atau spot kuliner anda yang lainnya, silahkan menghubungi kami