Beranda » Jawa » 5 Kuliner Khas Malang, Daftar Tempat dan Alamatnya

5 Kuliner Khas Malang, Daftar Tempat dan Alamatnya

T Diposting oleh pada 4 Oktober 2018
F Kategori ,
b 1 komentar
@ Dilihat 11 kali

Tempatmakanromantis.comKuliner Khas Malang. Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang letaknya di dataran tinggi. Sebab itulah Malang memiliki udara yang sejuk dan nyaman untuk dikunjungi.

berjarak 90 Km dari Kota Surabaya, Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur. Di samping itu, Malang memiliki obyek wisata dengan tema agrowisata.

Terlepas dari itu, berkunjung ke Malang tidak akan lengkap rasanya jika tidak sekalian mencicipi kuliner khas Malang yang melegenda.

Baik kuliner malang kekinian, makanan khas Malang tempo dulu, kuliner makanan Kota Malang, Jawa Timur maupun makanan pembuka khas Malang.

Kuliner Khas Malang

Berikut ini adalah daftar kuliner Malang 2017, kuliner Malang 2018, sampai dengan kuliner Malang 2019, dan bahkan kuliner Malang 2020.

Dari makanan khas Malang Batu, makanan khas Malang tempo dulu, sampai pada kuliner makanan Kota Malang, Jawa Timur yang kerap menjadi makanan pembuka khas Malang dan sebagai kawasan wisata kuliner Merjosari Kota Malang Jawa Timur.

Berikut daftar nama kuliner khas Malang, daftar tempat kuliner di Malang, dan alamat tempat makan di Malang:

1. Bakso President Malang

Bakso President merupakan lokasi kuliner pertama yang wajib sekali anda sambangi saat berada di kota Malang. Menyajikan hidangan spesial berupa bakso kuah dengan aneka ragam bakso yang tentu akan menggoyang lidah anda.

Bakso President Malang buka setiap hari sejak pukul 08.00–21.30 WIB. Untuk keperluan reservasi bisa melalui nomor (0341) 496746.

Anda harus mencatat Alamat Bakso President Malang yaitu di Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111. Bakso President Malang memiliki 6.962 ulasan, berikut ulasannya:

“Minuman standar ada es teh manis, jeruk, the botol dan air mineral.”
“Pelayanan oke, tempat oke (pinggir rel kereta, jadi ada sensasi tersendiri).”
“Ada bakso daging, goreng, siomay, bakso bakar, bakso udang, dan sebagainya.”

Abah Sugito yang merupakan pendiri Bakso President Malang, mengawali usaha di tahun 1977 yang berjualan bakso dengan berkeliling. Lalu pada tahun 1982 mulai membuka warung bakso kecil di belakang bioskop president.

Baca Juga: 11 Makanan Khas Aceh Yang Terkenal di Seluruh Indonesia

Lalu menamai warung baksonya dengan Bakso President Malang agar mudah diingat oleh pelanggannya. Bahkan hingga kini, ketika bioskop president telah beralih fungsi menjadi departemen store, Bakso President Malang tetap eksis.

Lokasinya yang berada tepat di pinggir rel kreta api memberi kesan tersendiri bagi pelanggan. Terutama saat menikmati semangkok bakso bersamaan dengan kereta api melintas. Sebuah sensasi yang tidak akan pernah anda temui di tempat lain.

Andreas Pardede mengatakan dalam ulasan googlenya dengan mengatakan, bahwa, bakso president adalah salah satu tempat makan bakso di Malang yang sangat terkenal.

Menurutnya lagi, ada banyak para tokoh masyarakat dan artis yang pernah berkunjung ke tempat ini. Terkait harga sangat terjangkau, karena ada paket menu makan bakso president, kisarannya Rp15-40 ribu.

“Jika anda ingin merasakan sensasi baru dalam rasa dan suasana tempat ketika menikmati bakso, saya sangat merekomendasikan tempat ini,” ulasnya.

Senada dengan ulasan Crystal Rachael yang mengungkapkan. “Recomended banget!!! Bakso campur nya 16 rb/mangkok. Puas banget. Rasanya enaaak bangt. Jangan lupa cobain bakso tusuk nya. Isi 4 atau 3 klo gak salah, harganya 12.000.” Kata Crystal dalam ulasannya.

2. Warung Lama H. Ridwan

Tempat menikmati kuliner khas Malang selanjutnya adalah Warung Lama H. Ridwan. Lokasinya cukup unik yaitu ada di tengah-tengah pasar.

Alamat Warung Lama H. Ridwan yaitu di Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15 -16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65141.

Warung Lama H. Ridwan buka setiap hari mulai jam 08.00 pagi – 16.00 sore. Anda bisa melakukan pemesanan melalui telepon (0341) 362673. Warung Lama H. Ridwan memiliki 716 ulasan, berikut di antaranya:

“Nasi campur, nasi gule, krengsengan, sate daging..”
“Tengah pasar. Lumayan pas belanja gak jauh-jauh kalau cari makan”
“Makanan tradisionalnya sesuai dengan lidah orang Indonesia.”

Meskipun Warung Lama H. Ridwan cukup kecil tapi anda tak perlu khawatir, sebab bangku panjangnya terkesan lega dan bisa muat untuk banyak orang. Dan yang utama adalah rasa menu yang disajikan.

Jika adan berkunjung, pastikan memesan sate komoh yang menjadi favorit pelanggan. Yakni sate daging bacem yang diberi bumbu rempah dan cabai. Rasanya mirip seperti bumbu bali namun lebih manis.

Menu lain yang bisa anda pesan yaitu ayam panggang bumbu rujak, sate usus sapi, nasi rawon, dan masih banyak lagi.

Tentu saja semuanya enak dan sangat layak anda coba sebab Warung Lama H. Ridwan merupakan lokasi kuliner yang sangat legendaaris di Malang.

Seperti dikutip dari ulasan local guide J.E Iskandar. “Tempat ini merupakan salah satu tempat makan lama yang ada di Malang.

Ada soto daging sampai rawon. Masih memiliki cita rasa warung lama dengan suasana makan yang selalu membuat kangen.”

Senada dengan ungkapan Try Hanna di akun googlenya. “Makanannya recommended deh terutama menu satenya. Yang lainnya juga ga kalah enak kok. Bumbunya nendang ditiap menu yang disajikan.”

3. Ronde Titoni, Makanan Penutup Khas Malang

Perlu dicatat, bahwa Ronde Titoni merupakan Kuliner Khas Malang yang berupa hidangan penutup. Sehingga paling enak kalau disantap pada malam hari.

Alamat Ronde Titoni di Jalan Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

Jam buka Ronde Titoni setiap hari mulai pukul 18.00–00.00 WIB. Anda bisa melakukan pesanan via telepon ke nomor (0341) 808292. Ronde Titoni memiliki 844 ulasan, di antaranya adalah:

“Cakwe, roti goreng, kuah kacang, angsle, enak semua!”
“Tempatnya sedikit nyempil dan kecil aja, di daerah deket pasar besar Malang.”
“Isian ronde akan disiram dengan air jahe panas tanpa santan.”

Ronde Titoni ini merupakan kuliner yang sangat mendukung suhu kota Malang di malam hari. Dengan udara yang dingin paling pas menghangatkan badan dengan minum ronde & angsle.

Harga Angsle yaitu Rp.8.000,-, Ronde campur Rp.8.000,- dan Ronde kering Rp.10.000,- sangat terjangkau bukan?

Ronde titoni juga salah satu Kuliner Khas Malang yang masih mempertahankan nuansa dan cita rasa tempo dulu. Jadi bagi anda, terutama pecinta kuliner harus sekali datang dan mencicipi Ronde titoni.

Selain ronde, di sini juga menyediakan makanan ringan lain seperti cakwe dan roti goreng yang siap melengkapi minuman yang anda pesan.

Local guide, Ziah Herdiyanti bertutur pada ulasannya. “Angslenya enak. Rondenya apalagi, istimewa! rasanya pedas-pedas manis dan dibadan langsung bikin hanget! Pas buat cuaca malang yg dinginnnn. Baru nyobain ronde keringnya. Enak juga! Roti goreng sama cakwenya gedeeee banget!”

Senada dengan Rehan P Bangsa, “Warung ronde legendaris di Malang. Ada beberapa menu seperti ronde basah/kering dan angsle. Rondenya lumayan dan angslenya yg enak. Dan siap siap antri panjang kalo ke sini. untuk harga terjangkau sekitar 8000.” Ujarnya.

Luluk Sekar Ariyati juga mengungkapkan hal serupa sembari berharap esok bisa berkunjung kembali. “Jahenya berasa banget, anget, murah meriah dan habis minum wedang ronde badan rasanya lebih seger.”

4. Rumah Makan Rawon Nguling

Selanjutnya merupakan kuliner khas Malang yang direkomendasikan oleh netizen yaitu Rumah Makan Rawon Nguling yang lokasinya dekat dengan alun-alun.

Alamat Rumah Makan Rawon Nguling di Jl. Zainul Arifin No.62, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

Perlu diperhatikan bahwa jam buka Rumah Makan Rawon Nguling setiap hari mulai pagi jam 07.00 –15.30 sore saja. Anda bisa melakukan pesanan melalui telepon (0341) 324684.

Rumah Makan Rawon Nguling memiliki 1.826 ulasan. Di antaranya ulasan tersebut adalah:

“Banyak pengunjung lebih ke keluarga yang bawa anak istri.”
“Rawon dgn rasa yg beda enak banget arah Probolinggo dari Surabaya”
“Cita rasa yang pas untuk lidah orang Jawa Timur.”

Baca Juga: 9 Makanan Khas Madura Wajib Tahu dan Wajib Coba

Rawon sendiri merupakan kuliner khas Malang dan daerah Jawa Timur yang sangat enak. Cocok disantap saat sarapan, makan sing bahkan makan malam.

Lokasi Rumah Makan Rawon Nguling yang luas dan nyaman sangat cocok untuk melakukan pertemuan bisnis atau sekadar makan bersama keluarga besar.

Untuk menu makanan yang menjadi hidangan yang disediakan adalah, mulai dari tempe, perkedel, babat, paru dan lain-lain yang disajikan sebagai tambahan.

Selain menjadi kuliner khas Malang yang melegenda, Rumah Makan Rawon Nguling juga terkenal dengan penyajian menunya dalam porsi yang besar.

Wildamalia Saechan menuliskan dalam ulasan googlenya dengan menyatakan, bahwa dirinya puas makan di tempat ini, karena hidangan yang datang tanpa perlu menunggu lama.

“Rawon Nguling, meski harga di atas rata-rata tapi sepadan dengan rasa yang istimewa! Setiap meja akan disediakan lauk pendamping yg lengkap. Jadi jangan khawatir kalo pengen nambah lauk!” ulasnya.

Senada dengan local guide Isabelle Cahyono. “Rawonnya lezat, nasi pecel lodehnya juga nikmat tempatnya enk buat makan bersama keluarga maupun teman.” Ungkapnya.

Triadi Suparta juga bertutur sembari bernostalgia di ulsaan googlenya.

“Sudah lama nggak ke Malang. Langsung deh kangen rawon pun terpenuhi di Rawon Nguling. Dagingnya empuk dan bumbunya pas. Ditambah gorengan tempe, empal, paru, babat, pergedel dll. Pokoke huenak. Thanaks Mas yang telah melayani dengan cepat dan cermat.”

5. Hok Lay

Kuliner khas Malang satu ini sangat terkenal dengan menu cwie mie pangsit, es susu cokelat dan lumpianya. Dengan suguhan suasana dan interior yang amat klasik.

Alamat Hok Lay di Jalan KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65118. Untuk pemesanan bisa melalui Telepon (0341) 364513.

Jam buka Hok Lay cukup unik, sehingga anda perlu sekali mencatatnya. Yaitu mulai pukul 09.00–13.30, dan 17.00–20.30 setiap hari kecuali selasa yaitu pukul 17.00–20.30 WIB. Hok Lay memiliki 816 ulasan, di antaranya:

“Ada lumpia semarang, nasi bakmoy, lo mie, dan nasi goreng.”
“Cukup enak. Suasana resto jaman dulu walau sudah harus banyak yg di renovasi.”
“Bakmi nya enak, Lokasi nya strategis dekat Pasar Gede Malang.”

Baca Juga: Tempat Makan Enak dan Murah Di Malang Rekomendasi Netizen

Nikmati suasana Malang tempo dulu yang sangat natural tanpa kesan paksaan di Hok Lay. Benar-benar serupa sedang makan di rumah nenek.

Menu berupa mie dan es campurnya bisa menghantarkan anda serupa bernostalgia ke masa kecil. Tidak hanya itu, rasa cwiemienya enak sekali.

Lokasi Hok Lay sangat dekat dengan alun-alun Merdeka Malang. Meski tempatnya agak kecil dan bergaya lawas, tapi itu justru kelebihannya yang semakin memperindah suasana.

Andreas Tjahja dalam akun googlenya mengulas, “Katanya salah satu restoran legenda di kota Malang,sejak 1946. Saya coba 3 menu andalannya Fosco rasanya gurih, segar dan unik, Cwimie yang lembu dan gurih kuah ayam, serta Lumpia dengan isiannya yg berlimpah.”

Irwin Gaylor juga mengungkapkan hal senada, “Sesuai dengan komen dan info yang saya baca di dunia maya. Gk nyesel jauh-jauh dari Jakarta, memasukan kuliner Hok Lay ke dalam intinerary. Cwiemie pangsit dan Fosco adalah menu lezat dan nikmat yang daya coba.” Tulisnya.

Kuyliner Khas Malang

Peta dan Denah Lokasi Tempat Kuliner Khas Malang

Baca Juga: Tempat Nongkrong di Medan yang Paling Hits Rekomendasi dari Netizen

Demikian merupakan beberapa kuliner khas malang yang wajib anda coba saat berkunjung. Baik kuliner malam 24 jam, kuliner malang 2018, kuliner malang 2017 hingga kuliner malang batu.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel Tempat Makan Romantis selanjutnya. Terimakasih & Salam.

1 Komentar untuk 5 Kuliner Khas Malang, Daftar Tempat dan Alamatnya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 5 Kuliner Khas Malang, Daftar Tempat dan Alamatnya

tempat makan di purwokerto

Tempat Makan di Purwokerto Yang Khas dan Romantis

T 24 September 2018 F , A tempatmakan

Tempatmakanromantis.com – Tempat Makan di Purwokerto. Ada banyak tempat makan yang ada di Purwokerto Jawa Tengah yang bisa kita kunjungi. Apalagi kuliner Purwokerto memang khas di Jawa Tengah. Di tempat-tempat makan tersebut, selain menikmati kuliner Purwokerto dan kuliner malam Purwokerto kita... Selengkapnya

Kuliner Surabaya

Kuliner Surabaya Versi Netizen Yang Tak Boleh Terlewatkan

T 6 November 2018 F , A tempatmakan

Tempatmakanromantis.com – Kuliner Surabaya. Surabaya adalah Ibu Kota Jawa Timur. Sebagai salah satu Kota Metropolitan di Indonesia setelah Jakarta dan Bandung, Surabaya juga merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Maka tak heran apapun bisa kita temui di Surabaya. Termasuk... Selengkapnya

tempat makan di surabaya

Tempat Makan di Surabaya Yang Romantis dan Murah Meriah

T 14 Juli 2018 F , A tempatmakan

Ada banyak tempat makan di Surabaya yang bisa kita singgahi, dari tempat makan romantis di Surabaya, tempat makan yang murah di Surabaya, sampi rumah makan lesehan yang menyajikan berbagai macam menu santapan. Jadi selama di Surabaya tentunya anda tak perlu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Jika anda tertarik untuk mendapatkan review untuk rumah makan, atau cafe, atau spot kuliner anda yang lainnya, silahkan menghubungi kami